The Next Battle : Google Knol Vs Wikipedia

Akhirnya, Google Knol muncul juga versi betanya (uji coba) pada 23 Juli lalu. Kehadirannya amat ditunggu para netter, karena berbagai gosip dan isu, baik yang sedap maupun yang tidak sedap, yang menyertai peluncurannya. Akan tetapi, kebesaran nama Google sendiri sebagai pemrakarsanya memang menjadi magnet tersendiri. Mengingat sebelum ini mereka telah ‘menguasai’ pasar web-search engine, penyedia email, penyedia blog hingga penyedia video-sharing yang kesemuanya disajikan untuk user secara gratis.

Sebenanya apa sih Google Knol itu? Yup, Google Knol adalah akronim dari ‘a unit of knowledge‘. Ini adalah salah satu produk mutakhir dari Google. Untuk mudahnya bagi anda yang sering membuka Wikipedia (ensiklopedia online), saya rasa tidak akan sulit memahami apa itu Google Knol. Karena memang Google Knol ditujukan  untuk menjadi ensiklopedia online berikutnya.

Tampilan Google Knol

Kehadiran Google Knol diyakini banyak pihak akan ‘mengusik’ hegemoni Wikipedia di pasar ensiklopedia online. Oleh karena itu, ada baiknya juga selain kita membicarakan kemungkinan persaingan antara kedunya. Perlu juga dijelaskan beberapa perbedaan mendasar antara Google Knol dengan Wikipedia.

Poin mendasar pertama adalah bila Wikipedia ‘hanya’ menekankan pada artikel dan rujukan (referensi ataupun link web) yang digunakan, maka Google Knol menambahkan penekanan pada pencantuman nama penulis. Karena menurut Google, pencantuman nama penulis diyakini akan sangat berkaitan dengan tingkat kepercayaan pembaca terhadap suatu artikel. Penulis yang telah mencapai tingkat pendidikan doktoral tentu akan cenderung lebih dipercayai ketimbang (yang hanya) lulusan SMA.

Tiap artikel dalam Knol hanya dapat ditulis oleh satu orang penulis. Sehingga satu topik bahasan akan dimungkinkan memiliki beberapa versi artikel, sesuai jumlah penulisnya. Maka dari itu, adalah penting di dalam Knol untuk melihat siapa yang lebih dulu menuliskan sebuah topik.

Perbedaan selanjutnya adalah peluang untuk memperoleh “pendapatan” dengan menjadi penulis di Google Knol. Karena tidak seperti Wikipedia yang bersih dari iklan, Google Knol akan ditempeli ‘advertisement’ (iklan) berupa Google AdSense. Dari iklan tersebutlah penulis dapat mendapatkan bagi hasil dari Google. Namun, tentu saja iklan ini hanya akan muncul bila telah disetujui oleh penulisnya.

Bagaimana Menarik bukan?

Saat ini Google Knol memang masih dalam tahap beta (percobaan), dengan ratusan artikel yang sebagian besar berkutat pada masalah kesehatan dan kedokteran. Namun, banyak yang mengharapkan dalam jangka panjang Google Knol akan dengan cepat melengkapi berbagai artikelnya. Mungkin juga amat diharapkan mampu menyaingi kecepatan Wikipedia yang mencapai satu juta entri dalam empat tahun.

Kembali kepada masalah persaingan terselubung antar keduanya. Saya yang notabene netter awam tidak terlalu merisaukan. Pasalnya karena menurut saya dengan memberikan ‘barang gratis dan berkualitas’ seperti, pengguna pun tak akan sulit dicari bahkan akan datang berduyun-duyun. Yakinlah,  selama Wikipedia masih bisa diakses dengan gratis pengunjung takkan lari kemana-mana, anggap saja Google Knol adalah pelengkap ensiklopedia di dunia maya.

Iklan

4 Responses to “The Next Battle : Google Knol Vs Wikipedia”


  1. 1 Dhimas Juli 27, 2008 pukul 12:55 am

    Menarik.. Tapi cakar wikipedia sepertinya sudah nancep banget neeh..

  2. 2 nadiasabrina Juli 28, 2008 pukul 7:35 am

    Hallo, terimakasih telah berkunjung ke
    kuliah komunikasi,

    saya ingin memberi tahu bahwa kuliah komunikasi sekarang telah berganti domain menjadi

    http://www.kuliahkomunikasi.com/

    Happy Studying! 😀

    nb :
    Saya menawarkan untuk menyimpan BLOG/WEBSITE yang berhubungan dengan Ilmu Komunikasi, jika berminat tolong hubungi saya di http://www.kuliahkomunikasi.com

    terimakasih..

  3. 3 goro November 26, 2010 pukul 3:28 am

    perbedaan mendasar google knol dan wikipedia adalah google knol memiliki informasi yg dapat dipertanggung jawabkan karena ada penulis yg memliki kredibiltas sehingga bisa menjadi acuan bagi penulisan karya ilmiah sedang wikipedia yg contentnya bebas diedit oleh siapa saja kapan saja tidak memiliki kredibilitas sebagai acuan yg dipercaya…
    itu perbedaan mendasar antara google knol & wikipedia… 🙂

  4. 4 aldo Mei 4, 2011 pukul 3:56 pm

    Emg enk jd mknik AHASS
    Bsa bgusin mtro tiap hri


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Today’s Word

“Satu hal dari masa lalu adalah TIDAK MUNGKIN KITA RUBAH. Maka, adalah suatu kebaikan saat kita menyadari kesalahan kita di masa lalu untuk menjadikannya pelajaran berharga di masa depan."

About ZLF

M. Zulfi Ifani, usually called Zulfi, or Fani (my childhood name). A Student of Communication Department of Gadjah Mada Univ, Yogyakarta.
I also interested so much on learning, learning anything which could make me enjoy. But,my most interesting subjects now are Sport (Esp. Soccer),Organization, Politics, Computer and also BLOG.

Wanna Chat With Me?



ID YM : sk83r_z63

My Archive

Thanks for The Visitors

  • 40,953 visitors

Supported Banners


KapanLagi.com Image Hosting



Mau dapat domain .co.cc? Gratis !! Klik aja..

Free Domain

%d blogger menyukai ini: