Ini Masjid Apa Mall Ya?

Jadi, ini koleksi foto-foto waktu saya dan kawan saya (Afeb) berjalan-jalan ke Semarang. Tepatnya, kami berniat untuk mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang masyhur itu. Itung-itung sekali-kali kami mencoba untuk berjalan-jalan sekaligus silaturahmi akan pesona Islam di nusantara.

Nah, kalo kalimat yang jadi judul itu muncul secara spontan dari lisan saya. Kenapa gitu? Karena melihat suasana MAJT yang begitu ramai, namun ramai sebagai tempat wisata, bukan sebagai tempat ibadah. Buktinya, waktu saya masuk banyak pengunjung yang begitu antusias berputar-putar dan bersenda gurau layaknya di tempat wisata ketimbang melaksanakan sholat atau ibadah. Terkesan menghakimi sih, tapi apa boleh buat, ini memang pandangan pribadi saya.

Selain foto2 MAJT, saya juga menyertakan dokumentasi perjalanan saya. Terutama dokumentasi (alias narsis-narsisan) saya di Monumen Palagan Ambarawa.

Seperti itu… ada yang mau nyumbang komentar?? Ditunggu nih…

Oh ya, foto lengkap bisa dilihat di sini

Iklan

9 Responses to “Ini Masjid Apa Mall Ya?”


  1. 1 mersi Oktober 21, 2008 pukul 10:33 pm

    terima kasih atas comment di postingan saya “review kajian ust adian”.
    iya, maaf. saya lupa menyebutkan nama antum sebagai moderator…insya Allah akan saya edit lagi…

    pertanyaan biasa aja kok..masih kalah sama pertanyaan peserta yang lain…

    ttd

    anggun gunawan
    mahasiswa tua yang belum lulus juga:)

  2. 3 akuhayu Oktober 23, 2008 pukul 2:40 am

    hmm, pas aku ke Surabaya, ada juga masjid yang rame bgt, bukan untuk ibadah, tapi buat nongkrong, sayang aku lupa nama masjidnya
    btw, selaen masjid, kampus sekarang juga uda kayak mall lho
    buktinya kalo jam-jam tertentu, sering ada plakat bertuliskan:
    “Maaf, Parkir Penuh”
    ;D

    iya mbak, betul pada jam2 tertentu maskam emang udah kyk mall aja… rame utk tempat wisata…

  3. 4 qolbi Oktober 24, 2008 pukul 3:47 pm

    kalo maskam, bukan sekedar untuk tempat wisata, tp sekaligus jadi gedung serba guna. bisa buat walimah, pameran, diskusi, jualan, dll

    pokoknya bener2 mixed use dech….

    ck…ck…ck…
    pergeseran fungsi masjid? atau pergeseran behaviour orang-orangnya? pengaruh desain arsitekturalnya?
    hm….

    behaviour follows function?
    function follows form?
    form follows function???

  4. 5 widayanti Juli 15, 2010 pukul 4:06 am

    itu dulu….. (aku juga berfikir seperti itu) tapi coba sekarang ke MAJT lagi katene udah berubah nggak boleh jualan di area masjid. mungkin habis baca tulisan ini kali ya

  5. 6 arul Januari 31, 2011 pukul 3:14 pm

    mungkin sama seperti masjid kubah emas yang ada di cenere jakarta, bukan cuma menjadi tempat ibadah tapi juga tempat wisata.

  6. 7 flag makers Juli 25, 2011 pukul 4:08 am

    Hi, possibly i’m being a little bit off topic here, but I was browsing your site and it looks exceptional. I’m building a blog and trying to make it look neat, but everytime I touch it I mess something up. Did you design the blog yourself? Could someone with little experience do it, and add updates without messing it up? Anyways, good information on here, very informative.

  7. 8 oka September 26, 2011 pukul 7:02 pm

    tanda-tanda akhir zaman


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Today’s Word

“Satu hal dari masa lalu adalah TIDAK MUNGKIN KITA RUBAH. Maka, adalah suatu kebaikan saat kita menyadari kesalahan kita di masa lalu untuk menjadikannya pelajaran berharga di masa depan."

About ZLF

M. Zulfi Ifani, usually called Zulfi, or Fani (my childhood name). A Student of Communication Department of Gadjah Mada Univ, Yogyakarta.
I also interested so much on learning, learning anything which could make me enjoy. But,my most interesting subjects now are Sport (Esp. Soccer),Organization, Politics, Computer and also BLOG.

Wanna Chat With Me?



ID YM : sk83r_z63

My Archive

Thanks for The Visitors

  • 41,007 visitors

Supported Banners


KapanLagi.com Image Hosting



Mau dapat domain .co.cc? Gratis !! Klik aja..

Free Domain

%d blogger menyukai ini: