Fani

Perkenalkan, namaku Muhammad Zulfi Ifani, seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi UGM. Saya biasa dipanggil dengan Zulfi / Fani. Saya lahir di Magelang sekitar 20 tahun lalu. Pernah besar bertahun-tahun di Kupang, NTT dan juga di Sukoharjo. Kini, selain kuliah di Ilmu Komunikasi UGM, saya juga masih nyantri di PP Budi Mulia, sebuah pondok yang penuh dengan warna-warni kehidupan.

Kalau pengen tahu, ini daftar sekolah saya

TK Nuurussa’adah Kupang,NTT ( lulus 1994) ; SD Muhammadiyah Kupang,NTT (2000) ; MTs PPMI Assalaam Surakarta (2003) ; SMA Negeri 1 Magelang (2006) ; Ilmu Komunikasi UGM, Yogyakarta (2006-…..)

Sedangkan, kalau organisasi pernah numpang lewat di sini:

Himsastra 731, Greenation, OSIS SMA Negeri 1 Magelang, Sibema Smansa Magelang, Dewan Islam Sekolah Smansa Magelang, Keluarga Remaja Islam Magelang, Pelajar Islam Indonesia, BPPM Balairung UGM, Jama’ah Muslim Fisipol UGM, Senat Santri PP Budi Mulia, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah UGM.

Itulah sekilas tentang saya, buat rekan-rekan yang ingin kontak langsung dengan saya dapat PM lewat YM : sk83r_z63, atau mig33 : sk83r_z63. Untuk nomor hp 085292820XXX (maaf, dirahasiakan demi ketenangan saya, he3). atau bisa juga buka friendster saya…

Sekali lagi, Jazakallah buat kunjungannya ya…

Halaman ini juga dipersembahkan buat kalian, untuk menumpahkan uneg-uneg tentang blog ini. Mau kritik, saran, sumbangan semuanya boleh…. asal jangan SARA, SARIP dan SARU…

Fastabiqul Khoirot…..

Iklan

64 Responses to “Tentangku”


  1. 1 mashanafi April 4, 2008 pukul 1:31 am

    assalaamualaikum… ini kunjungan resmi saya .. senang kenal dengan mas zulfi:lol:

  2. 2 Zulfi April 4, 2008 pukul 1:32 am

    # mas hanafi

    Salam kenal balik Pak…
    Wassalaamu’alaikum… πŸ™‚

  3. 3 Maey Moon April 9, 2008 pukul 6:13 am

    Untuk ksekian kali Terima Kasih….
    saya jd ada niat bikin blog baru di WordPress jg. Smg lbh bagus..

  4. 4 YangPunyaBlog April 9, 2008 pukul 4:08 pm

    @ Maey Moon

    Betul, blog tidak sekedar eskapisme semata, tapi lebih dari itu: dia tempat berkreasi.. SEMANGAT !!!

  5. 5 qolbi April 14, 2008 pukul 3:03 am

    wah…tampilannya ganti lagi, nih….
    tapi jadi lebih bagus, koq…..
    jadi lebih nyaman….berkunjung ksini.

    aq jadi teringat blogku, yang gak pernah ganti tampilan(kasian juga, dia)….he2….

  6. 6 Zulfi April 14, 2008 pukul 5:02 am

    @ Qolbi

    Ganti tampilan, ibarat ganti baju…
    Kelamaan ga diganti berakibat bau… he3..

    ini juga lagi coba2 kok.

  7. 7 azaxs April 15, 2008 pukul 3:25 am

    salam kenal mas
    kunjungan balasan, makasih dah mampir di blog saya yang jelek..

    wey, tulisan bagus2 saya boleh dong sering mampir n blajar bareng disini?

    suwun n salam

  8. 8 Zulfi April 15, 2008 pukul 5:56 am

    @ Azaxs

    Tulisan bagus? wah terlalu memuji… πŸ™‚
    Sama2 masih belajar, semoga terus bisa konsisten.. Amien

  9. 9 mdianapriyanto April 16, 2008 pukul 2:30 pm

    salam kenal

    membalas kunjungan anda
    terima kasih

  10. 10 Anjar Nugroho April 18, 2008 pukul 1:31 pm

    Assalamualaikum

    Terima kasih kunjungannya di blog saya, silaturrahmi akan terus kita jalin. Gmn kabar teman2 IMM di Yogya. Salam untuk mereka…

    Wassalamualaikum

  11. 11 ridwansyahyusufachmad April 28, 2008 pukul 6:11 am

    wah salam kenal bro…

    semoga bisa mempererat ukhwah

  12. 12 greata April 28, 2008 pukul 3:00 pm

    mas zulfi, terima kasih atas kunjungan dan comment antum di blog saya…

    sampe ketemu lagi ya. PK IMM UGM dan punya calon ntuk BSKM 1 kan?? hati2 milih orang. jangan sampai salah…

    okey…

    Sama2 mas.. saling mendukung sesama blogger…
    Insya Allah, IMM UGM akan mengirimkan calon ke BSKM. semoga calonnya tdk salah pilih dan trs mendukung progresifitas IMM. Amien…

  13. 13 yayak84 Mei 2, 2008 pukul 2:41 pm

    maniak blog…ni blogku yang baru.
    http://yayak84.wordpress.com

    Luqman Satriya S.

  14. 14 imam muslimin Mei 6, 2008 pukul 4:37 am

    fan…

    Blogmu kepriwek, mas? anak ILKOM mbok diseriusi mas… he3

  15. 15 mustafa Mei 7, 2008 pukul 12:20 pm

    gmn perkembangan ilmu ITny zulfi,bisa ngajari ke saya ?

    gmn? kira2 apa yg bisa saya bantu, Insya Allah akh…

  16. 16 sadam90 Mei 15, 2008 pukul 4:20 am

    tetimakasih atas saranya untuk nulis di wordpress, berkat itu sekarang aku sadar bahwa…..aku sadar…..ternyata mengasyikkan menulis itu.

    Sesuatu yg dijalani dg ‘kecintaan’ takkan terasa melelahkan… betul?

  17. 17 dkmfahutan Mei 17, 2008 pukul 3:23 am

    assalamu’alaikum

    terimakasih kunjungannya mas
    salam kenal dari DKM Ibaadurrahmaan, Fak. kehutanan IPB.

    salam kenal balik…
    waslm

  18. 18 Firman Mei 17, 2008 pukul 3:27 pm

    lets colourize our environment, if its not done..

  19. 19 superdevil Mei 28, 2008 pukul 10:33 am

    absen! πŸ˜€

    yo’i, absen no berapa ya? kok belum tercatat ya? :p

  20. 20 suprai Juni 2, 2008 pukul 7:26 am

    salam kenal,saya anak pordjo berminat mengakji media. kapan2 aku dolan ke komu UGM yo..

    Alhamdulillah, boleh…boleh,,, nanti bisa diskusi, tapi saya blm ahli, masih cetek ilmunya..

  21. 21 abiehakim Juni 5, 2008 pukul 1:58 pm

    Assalamulaikum Mas..
    Salam kenal juga, makasih dah mampir…
    Magelang ya? wah saya jogja nih, cuman lagi di Batam
    Wassalam

  22. 22 muhammadsurya Juni 7, 2008 pukul 8:28 pm

    Zulfi, bagaimana menurut pendapatmu tentang Alumni yang datang pada diskusi kita kemarin? kamu sepakat tidak dengan pendapatnya? menurutku, memang ada beberapa pendapatnya yang bagus yang perlu kita renungi bersama, tapi ada juga yang perlu kita teliti, cermati, kritik, dan pelajari lebih dalam lagi.

    Setelah diskusi, aku sempat beberapa menit ngobrol dengan beliau. Ada beberapa yang janggal dari pernyataan beliau. Diantaranya tentang:

    1. pusat studi Al Quran. Ketika aku tanya tentang profil pusat studi itu, siapa pendirinya, siapa ustadnya, siapa pemimpinnya, beliau tidak mau jawab, dan mengatakan itu rahasia tidak boleh disebarkan. Dengan alasan faham pusat studi itu bisa membuat mereka ditangkap polisi. Kalau faham mereka lurus, mereka pasti mau menunjukkan fahamnya secara lebih terbuka dan menyebarluaskannya, tapi mereka menyebarkannya secara tertutup.

    2. terus beliau memiliki faham bahwa segala sesuatu harus di mulai dengan ilmu dulu, faham dulu, baru mengerjakannya. Percuma kita sholat kalau tidak faham tentang sholat, kenapa kita harus sholat, dan kaidah-kaidahnya, faham bacaan sholat, dll. Kalau kita belum seperti itu, percuma saja kita sholat, lebih baik tidak usah sholat. Kita sholat jangan Cuma ikut-ikutan orang. Kalaupun kita sholat, statusnya bukan sholat tapi sedang belajar sholat.

    3. karena fahamnya yang seperti saya cantumkan di poin 2, beliau mengaku sudah tidak pernah lagi sholat jumat selama 3 bulan. Karena sholat jumat baginya Cuma setor (maaf) pantat di mesjid saja. Jadi katanya, percuma kita jumatan. Kalau mau jumatan kita harus faham dulu maksud jumatan, kenapa harus jumatan, tau dasarnya dulu, bukan ikut-ikutan orang, dll. Kalau kita berpikir singkat, pernyataan diatas seperti benar, tapi kita harus kaji ulang dulu, cek and ricek dulu. Coba kamu tanyakan pada ustad-ustad yang kamu percaya tentang hal ini. (PR buat kamu dan aku juga)

    4. cara menterjemahkan Al Quran yang dia gunakan, aku masih ragu, kayanya aku harus banyak belajar dulu, tapi agak janggal pendapatnya. Ketika aku tanya tentang metodelogi yang dia gunakan, dia tidak mau menjawab dengan alasan aku tidak akan sanggup memahaminya. Dan beliau menterjemahkan Al Quran dengan makna yang bagiku sangat aneh, tapi kedengarannya seperti masuk akal. Beliau memahami makna dari setiap kata-kata dalam Al Quran tidak seperti makna yang dipakai oleh kebanyakan para ulama. Menurut yang saya pahami dan pelajari selama ini, memang benar bahwa setiap kata dalam Al Quran memiliki banyak makna, tapi makna yang di pilih oleh para ulama dalam memahami setiap kata dalam Al Quran adalah makna yang di pilih dan di pahami oleh Rasulullah SAW dan mayoritas sahabat atau yang telah ditentukan oleh Allah. Tidak seluruh makna dari setiap kata dalam Al Quran itu digunakan untuk memahami makna kata tersebut. Misalnya kata khotaman nabiyin, itu maknanya bisa cincin nabi, nabi penutup, dan bisa juga cap nabi, tapi makna yang diambil oleh para sahabat dan kesepakatan seluruh ulama yaitu penutup para nabi, tidak ada nabi setelah Nabi Muhammad SAW. Gara-gara salah mengambil makna dari kata inilah Ahmadiyah tergelincir pada pemahaman yang salah karena mereka memahami kata khotaman nabiyin dengan makna cincin nabi. Akhirnya mereka menganggap Mirja Gulam Ahmad berhak dianggap sebagai nabi setelah Nabi Muhammad.

    5. menurut beliau, Ulil amri itu sudah tidak ada dalam agama Islam sejak meninggalnya kholifah yang 4 dan tidak ada kewajiban bagi kita untuk mematuhi peraturan yang ada sekarang, karena itu buatan manusia. Pengertian ulil amri menurut dia adalam pemimpin yang menegakkan peraturan sesuai dengan Al Quran dan As Sunah. Masalah ini lebih baik kita diskusikan pada kesempatan diskusi IMM pekan yang akan datang, tetapi sebelumnya kita coba tanyakan dulu pada ulama yang kita kenal atau baca buku atau artikel-artikel tentang hal ini.

    6. beliau memiliki pendapat bahwa sekarang ummat ini sama dengan masa makiyah, sedangkan masa makiyah tidak ada kewajiban untuk sholat dan ibadah yang lainnya. Pada masa itu hanya di ajarkan tentang aqidah. Beliau tidak mau menyatakan bahwa sholat sekarang tidaklah wajib dilaksanakan, tetapi dari apa yang dia katakan agak mengarah kesana.

    7. hal ini yang buat aku ingin ketawa, dia memahami burung ababil sebagai pesawat tempur, sebelum Nabi Muhammad sudah ada tank. Katanya, di piramid ada gambar yang menunjukkan bahwa di zaman itu sudah ada tank dan pesawat tempur. Kayanya perlu kita pelajari lebih lanjut masalah ini.

    Saran saya, lebih baik kita bekali teman-teman dengan ilmu aqidah dengan berbagai kaidah-kaidah yang ada di dalamnya. lebih baik dalam memahami Al Quran kita memahaminya seperti apa yang dipahami oleh Nabi Muhammad, para sahabatnya, para tabi’in, dan mayoritas para ulama yang terpercaya dari zaman dulu sampai sekarang. Insya Alloh kita akan selalu ada pada jalan yang lurus. Tidaklah mungkin para ulama itu bersepakat dalam hal kebatilan. Itulah pesan Nabi Muhammad SAW kepada para sahabatnya sebelum beliau wafat.

  23. 23 azwar Juni 17, 2008 pukul 2:18 am

    Assalamu’alaikum
    Sedulur, piye kabare???
    ni Azwar dari UNNES, yang dulu bareng DAD UGM.
    ngabar-ngabari yow.
    kapan2 nek sempat kirim emailku
    yawis…
    trus berjuang, istiqomah…

    Alhamdulillah baik mas… njenengan gmn?

  24. 24 fakhruzzaman Juni 17, 2008 pukul 1:53 pm

    Good nice blog mas, kita bisa share ilmu nich

  25. 25 hamsin Juni 19, 2008 pukul 11:33 am

    slam mas dari kalimantan saya salut membaca tulisan mas slam http://www.hamsin.wordpress.com

    yup, salam kenal balik….

  26. 27 indramgl Juli 7, 2008 pukul 11:02 pm

    Askum Mz, meh tnya bsok qt ang. 08 da ospek g? univ tok? apa ada jg yang fakultas? wah dag dig dug nek ada ospek, jadi inget pas dulu mos sma. wekz..

  27. 28 Indah Juli 12, 2008 pukul 2:32 pm

    kalo ninggalin SARAH, SARIPAH, n SARUNI??

    apalagi itu, jelas ndak boleh mbak… he3

  28. 29 fathnimullah Juli 18, 2008 pukul 4:13 am

    wa’alaikumsalam n salam balik juga.. πŸ˜€

  29. 30 Redi Juli 19, 2008 pukul 3:54 pm

    askum mas…
    salam kenal…

  30. 31 wahyu mahesa Juli 23, 2008 pukul 12:59 am

    gak nyangka, your blog is very good.

    makasih mas,, masih terus belajar kok… semoga bisa belajar bareng… amien!

  31. 32 wahyu Juli 25, 2008 pukul 1:16 am

    fany, i have just sticked on your blog URL into mine. You are fery cleaver. Your writings are nice. KEEP FIGHT!!!!!!

    hoho, thanks bro… i’m on learning… i feel, i’m not satisfied enough about my blog…. i’ll promise to improve it always…

  32. 33 intanpey Juli 25, 2008 pukul 5:18 pm

    Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, Mas. Orang jurnalistik, ya? Atau orang politik komunikasi, eh, komunikasi politik?

    iya sama2,, saya orang komunikasi tepatnya…. πŸ˜€
    kalau jurusan di UGM, hanya ada komunikasi, ga ada jurusan lain..
    Jadinya ya jurusan komunikasi, tapi Insya Allah mau fokus ke Perspektif Media

  33. 34 pakarfisika Juli 26, 2008 pukul 1:56 pm

    salam,

    Selamat Mas Zulfi, senang melihat anak muda yg sukses…

    Wassalaam,

    Sukses, Ust. ? kalau sekarang blm bisa dikatakan spt itu. Tapi, insya Allah terus berprogress ke arah sana..Amien…

  34. 35 heri Juli 28, 2008 pukul 3:27 am

    tentang sang pelempar bintang lihat blos saya disini πŸ˜€

    http://hmcahyo.wordpress.com

    search aja ntar ketemu
    kira-2 mirip dengan ini:

    http://hmcahyo.wordpress.com/2008/07/28/life-is-beautiful-to-leave-legacy

  35. 36 Maey Moon Juli 28, 2008 pukul 4:45 am

    msZulf, lha ko’ nda sengaja sya perbaharui blog dengan tema yang sama.

    habis enak dilihat! yg beda cm gambar tulip di blog saya dengan pemandangan di blog ini.

    maaf.. kalau mengganggu, saya ganti lagi?

  36. 37 aripsambi Juli 28, 2008 pukul 3:47 pm

    wa’alaikum salam kenal balik..
    semangat selalu…..

  37. 38 mang shanny Juli 29, 2008 pukul 5:17 pm

    Assalammualaikum,

    Salam kenal mas dari saya di Ciamis Jawa Barat. Saya juga sering ke jogja, ke rumah kakak saya di komplek dosen UII Utara, tadi sore aja saya baru jemput Ibu saya yang baru pulang dari jogja pake KA.

    Ok mas, sering-sering mampir yah, isi blog punya mas oke juga tuh, banyak info penting terutama buat saya pribasi, maksih.

    Wassalam
    shanny ratman
    http://shannpersonalblog.wordpress.com

  38. 39 mashanafi Juli 30, 2008 pukul 1:31 pm

    assalamualaikum..
    saya magelang-nya karet yang deket akmil itu…

  39. 40 Yacob Juli 30, 2008 pukul 1:37 pm

    Zulfi,
    Salam kenal. Makasih udah berkunjung ke blog saya.

  40. 41 Dino Juli 31, 2008 pukul 12:06 pm

    Mo nanya nih Zulfi. Kalo mo ngirim tulisan ke koran langkah2nya gimana? Andaikan rela memberi info ke saya, kirim ke email saya aja ya. Thanks berat sebelumnya.

    Udah, saya kirim, Pak. Semoga bermanfaat… Amien

  41. 42 awisawisan Agustus 1, 2008 pukul 10:42 am

    asalaamu’alaykum
    salam kenal, akh,,,

    wah,
    sama2 komunikasi…
    itu suprai temen seangkatan saya tu..

  42. 43 Sadat ar Rayyan Agustus 3, 2008 pukul 10:14 am

    Assalamu’alaykum

    wah..tetangga ya pak
    salam kenal ya
    Baarokalloohufiik

  43. 44 Enggar Agustus 17, 2008 pukul 5:48 pm

    zulfi, aku ngisi di sini ya.
    sekalian tak mengenalkan diri deh, numpang promosi ma yang baca blog ini. hehe…
    enggar subono, smansa magelang 2005, kuliah di salah satu perguruan tinggi di bandung.
    oia, bisa tukeran link gak? kamu add blogku, ntar tak add blog ini di blogrollku.

    Oke mas… Boleh, boleh, tukaran blogroll SANGAT TIDAK DILARANG kok. Hehehe

    Oh ya, kok ga terus terang kuliah di ITB, mas?

  44. 45 f4jr1 Agustus 24, 2008 pukul 1:16 pm

    Mas Zul, coba tebak siapa!!!!!!!!

    Tebak siapa? *halah* wong namamu jelas-jelas tertampang di sini, jri… hahahaha

  45. 46 riyantosuwito Agustus 27, 2008 pukul 12:18 pm

    Mas Zul, silaturrahmi nich..blog sampean bagus. .

    Salam,
    Riyanto

  46. 47 yucca September 5, 2008 pukul 3:46 am

    thanks ya uda ngunjungin blog saya,,

    betewe tau blog saya dari Ajie ya? temennya aji ya?

    ^^

  47. 48 yucca September 5, 2008 pukul 3:50 am

    oh ya, kalo bole tanya gimana sih mas carane jawab komentar bisa langsung dibawahnya gitu?

    Itu tergantung theme.nya, tapi rata2 theme di wordpress bisa diedit komentarnya..
    Jadi, coba setelah login kamu cek aja di tiap komentar biasanya ada tombol untuk edit/sunting… nah, kalau ada berarti theme.mu support utk edit komentar… tinggal edit aja tambahin kata2mu sendiri…

  48. 49 akuhayu September 8, 2008 pukul 1:52 am

    hi zulfi, salam kenal
    terima kasih sudah mampir di blog saya
    ternyata anak kom juga ya?
    lebih muda lagi
    (tiwas tak panggil mas,hehehe)
    ^_^

    hihi,,, dipanggil mas juga ga apa2… tapi lebih afdhol lagi dipanggil Bang mbak… Bang Zulfi… πŸ˜€

  49. 50 Nilna R.Isna September 8, 2008 pukul 7:45 am

    hai Zulfi, salam kenal.

    Senang membaca blog yang “berpikir” seperti ini

    blog yang berpikir?? ga berlebihan nih??
    makasih… maksih banyak…

  50. 51 qolbi September 9, 2008 pukul 7:40 am

    @yucca

    kalo untuk themes wordpress yang tdk menyediakan link untuk edit comments, silahkan masuk ke ‘admin situs’ atau Dashboard. terus, klik tab ‘comments’ dibagian atas.

    habis itu, klik ‘nama’ (username) orang yang komentarnya akan anda edit. secara otomatis, anda masuk page untuk edit comments.

    maaf, kalo kata-kata saya membingungkan πŸ™‚

    salam kenal

    Iya, aku juga baru sadar kalo ada fasilitas edit komentar di dashboard…

  51. 52 triy September 22, 2008 pukul 8:58 am

    salam kenal juga mas. he..he… tapi, alhamdulillah barusan minggu kuliah udah siap semua. he…he…

  52. 53 vizon September 22, 2008 pukul 1:03 pm

    salam kenal juga mas…
    makasih sudah berkunjung,
    saya di UIN Suka… πŸ™‚

    Oh iya, salam kenal kembali Pak…

  53. 54 maulinniam September 26, 2008 pukul 4:39 am

    hayya ala al-hayatu cyberiyah…

    na’am ya akhi… ta’ala ilal cyberiyah… πŸ˜€

  54. 55 qolbi Oktober 3, 2008 pukul 12:07 am

    lama tak melihat dipojok laptopku muncul tulisan “sk83r_z63 is online”
    he2x….

    taqobbalallah minna wa minkum… met iedul fitri ya…
    semoga segera ‘ONLINE’ kembali.. he2x.. πŸ˜›

  55. 56 iwandahnial Oktober 3, 2008 pukul 12:47 pm

    Trims mas Zulfi, anda telah mengunjungi blog saya di :
    http://iwandahnial.wordpress.com/
    Gantian nih aku kunjungi blog mas yang cukup menarik ini. Maju terus mas !
    Salam kenal.

  56. 57 rismaka Oktober 7, 2008 pukul 6:55 am

    Assalamualaikum.
    Salam kenal akh. Gimana kabar antum di jogja? πŸ™‚

    Waalaikumsalam… Alhamdulillah kabar baik, akh…
    Salam kenal juga…

  57. 58 Bryantara Oktober 17, 2008 pukul 12:53 am

    Assalamu’alaikum, salam kenal akh..

  58. 59 EEng Oktober 19, 2008 pukul 3:13 am

    Zulfi, mohon dukungan buat Busby SEO Test ya, kontes SEO internasional.
    caranya dengan menaruh link http://umpcinfo.com/gladioolers/ di blogroll dengan anchor text Busby SEO Test. Syukur-syukur bisa nulis di postingan tentang busby seo test terus di masukkan juga link yang tadi di postingan.
    sebelumnya makasih. ^^

  59. 61 isa Desember 9, 2008 pukul 4:39 am

    mas zul nek meh mau jd jurnalis, masuk komunikasi cocok g????

  60. 62 helmi rahman Maret 8, 2009 pukul 7:42 am

    kita sedikit banyak punya kesamaan. sama2 pernah di assalaam, sama2 dari nusa tenggara, sama2 pernah nyantri di Padepokan Budi Mulia, dan sama2 pernah di UGM. salam kenal buat santri ang masih aktif. kalau tau tentang sejarah BM edu yang ada di budi mulia, yah..itulah saya termasuk salah satu pendirinya….

  61. 63 ahli seo Agustus 15, 2015 pukul 3:33 am

    wonderful points altogether, you simply won a new reader.
    What might you suggest in regards to your publish that you
    just made a few days ago? Any certain?


  1. 1 Dino’s Journal » Dosen (Lagi), Bangkrut, Award Lacak balik pada September 16, 2008 pukul 5:03 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Today’s Word

β€œSatu hal dari masa lalu adalah TIDAK MUNGKIN KITA RUBAH. Maka, adalah suatu kebaikan saat kita menyadari kesalahan kita di masa lalu untuk menjadikannya pelajaran berharga di masa depan."

About ZLF

M. Zulfi Ifani, usually called Zulfi, or Fani (my childhood name). A Student of Communication Department of Gadjah Mada Univ, Yogyakarta.
I also interested so much on learning, learning anything which could make me enjoy. But,my most interesting subjects now are Sport (Esp. Soccer),Organization, Politics, Computer and also BLOG.

Wanna Chat With Me?



ID YM : sk83r_z63

My Archive

Thanks for The Visitors

  • 41,007 visitors

Supported Banners


KapanLagi.com Image Hosting



Mau dapat domain .co.cc? Gratis !! Klik aja..

Free Domain

%d blogger menyukai ini: